Harga Sawit Naik Turun, Pengusaha Minta CPO Fund Dioptimalkan

Harga Sawit Naik Turun, Pengusaha Minta CPO Fund Dioptimalkan - Masih belum stabilnya kondisi perekonomian dunia, ternyata membuat semakin anjloknya harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) di pasar global. Hal ini yang kemudian dikeluhkan oleh pengusaha industri sawit nasional. Menteri Perindustrian, Saleh Husin, mengatakan terkait hal itu pihaknya telah bertemu dengan Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) beberapa waktu lalu. Menurutnya, GIMNI meminta pemerintah untuk menurunkan besaran pungutan ekspor CPO yang selama ini dilakukan Badan Pengelolaan Dana Perkebunan (BPDP) Sawit.

Kalangan pengusaha mengusulkan dana perkebunan kelapa sawit (CPO Fund) dioptimalkan untuk bisa kembali dimanfaatkan oleh sektor industri. Hal ini disampaikan dalam rapat koordinasi Komite Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit dengan sejumlah pemangku kebijakan mulai pemerintah hingga kalangan pengusaha hari ini.

Meski telah diminta untuk menurunkan besaran pungutan CPO tersebut, tetapi tidak mengungkapkan besaran penurunan pungutan yang diminta oleh para pelaku industri tersebut. Selain soal penurunan besaran pungutan CPO, pelaku industri kelapa sawit juga meminta pemerintah menghilangkan pungutan ekspor cangkang sawit (palm kernel shells). Karena itu, pengusaha mengeluhkan selama ini cangkang sawit tersebut dianggap sebagai limbah.



Industri otomotif yang tergabung dalam Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah mendukung berjalannya program mandatori ini dengan menyesuaikan sistem mesin kendaraan, khususnya kendaraan berat seperti truk.

Dengan tren penurunan harga minyak mentah dan berimbas pada melemahnya harga minyak sawit, menurut kalangan pengusaha, limbah sangat mungkin diolah oleh industri. Karena harganya juga lagi rendah jadi cell oil, seperti yang cangkang, Dengan keadaan yang sedang turun (harga), perlu ditinjau bea pungut yang mungkin dapat dikurangi.

Tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 69 Tahun 2014. Beleid ini digunakan untuk menekan jumlah impor barang bahan baku dari negara lain.

Itulah Harga Sawit Naik Turun, Pengusaha Minta CPO Fund Dioptimalkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »