3 Faktor Penopang Harga Sawit Naik

3 Faktor Penopang Harga Sawit Naik - Prospek CPO di tahun 2017 bisa lebih baik dari tahun lalu. Prediksi akan semakin naik apabila ditinjau dari sisi produksi CPO yang menurun akibat El Nino. Anomali cuaca tersebut akan mengganggu proses pembungaan dan pembuahan kelapa sawit. Trend perbaikan harga Tandan Buah Segar di Riau sudah terjadi beberapa pekan terakhir.


Berikut 3 Faktor Penopang Harga Sawit Naik :

1. Badai El Nino diprediksi akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Hal ini tentu akan membawa peluang kenaikan harga CPO, apalagi jika adanya badai tersebut bisa berdampak pada turunnya produksi CPO Indonesia dan Malaysia.

2. Program biodiesel pemerintah Indonesia yang mewajibkan campuran 15% bahan bakar nabati minyak kelapa sawit pada bahan bakar minyak (BBM). Program ini membuat permintaan CPO oleh Pertamina terus mengalami peningkatan. Harapannya, kenaikan permintaan dalam negeri bisa mengurangi pasokan CPO Indonesia untuk pasar global sehingga berimbas pada kenaikan harga.

3. Adanya kerjasama dua produsen CPO terbesar yakni Indonesia dan Malaysia dalam mengembangkan industri ini dengan membentuk Dewan Negara-negara penghasil minyak kelapa sawit atau Council of Palm Oil Producing Countries (CPOP).

Itulah 3 Faktor Penopang Harga Sawit Naik.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »