Harga Sawit Hari Ini Naik Tipis

Setelah dua pekan lalu terus-terusan mengalami penurunan, pada pekan ini Harga Sawit Hari Ini Naik Tipis. Dimana pada pekan ini, harga TBS untuk tanaman umur tiga tahun berada di lever harga Rp 917,43 per Kilogram (Kg) nya dan untuk umur 10 tahun keatas dilevel Rp 1.281.70 per Kg.

CPO berhasil rebound meskipun mata uang ringgit terpantau mengalami peningkatan terhadap dollar AS. Biasanya peningkatan ringgit menjadikan harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih mahal bagi pembeli luar negeri sehingga permintaannya turun.

Sementara itu Kenaikan harga TBS sawit di Riau sebesar Rp 32,86 perkilogram. Untuk TBS sawit umur 3 tahun naik menjadi Rp 917,43 perkilogram, TBS sawit umur 4 tahun naik menjadi Rp 1.024,51 perkilogram, TBS sawit umur 5 tahun naik menjadi Rp 1.096,32 perkilogram. TBS sawit umur 6 tahun naik menjadi Rp 1.128,54 perkilogram, TBS sawit umur 7 tahun naik menjadi Rp 1.171,62 pertahun, TBS sawit umur 8 tahun naik menjadi Rp 1.208,15 perkilogram, TBS sawit umur 9 tahun naik menjadi Rp 1.246,93 perkilogram.

Lain hal dengan Kota Subulussalam diminta agar menindaklanjuti hasil keputusan tim penetapan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit ke pabrik yang ada di sana. Petani pun diminta agar proaktif dan melaporkan jika masih ada pihak pabrik yang semena-mena membuat harga TBS tanpa mematuhi harga yang ditetapkan tim.

Selain itu, disarankan perlunya kesepakatan merasionalkan ongkos angkutan TBS agar tidak merugikan petani. Sebab, jika ongkos angkut TBS bisa ditekan atau disesuaikan maka para petani akan sangat terbantu. Sebab Sejauh ini belum adanya sebuah keputusan menyangkut ongkos angkutan TBS kelapa sawit sehingga dinilai mempengaruhi pendapatan para petani di Subulussalam.
Besar harapan ongkos TBS tidak memberatkan petani karena kemahalan sehingga menambah kos. Ongkos angkut juga mempengaruhi harha TBS karena nanti pembeli atau agen pasti akan membeli TBS lebih murah dengan dalih ongkos.



Harga Sawit Hari Ini Naik Tipis


Penguatan Harga Sawit Hari Ini Naik Tipis didukung oleh pelemahan nilai tukar ringgit terhadap dollar AS. Pergerakan harga CPO berjangka pada perdagangan selanjutnya masih berpotensi untuk melanjutkan penguatan. 

Harga CPO Indonesia dan Malaysia pada perdagangan lantai bursa komoditas terpantau mengalami peningkatan yang lumayan. Harga komoditas ini memanfaatkan aksi bargain hunting yang dilakukan oleh para pelaku pasar untuk masuk ke dalam teritori positif.

Harga CPO kontrak paling aktif di bursa komoditas Malaysia tampak mengalami kenaikan terbatas. Harga kontrak Februari 2016 yang merupakan kontrak paling aktif menguat sebesar 37 ringgit dan diperdagangkan pada posisi 2.248 ringgit per ton.

Rilis data ekonomi AS yaitu GDP Growth Rate QoQ yang diindikasikan berdasarkan survey para ekonom akan melemah, hal ini berarti akan menggambarkan perlambatan pertumbuhan ekonomi AS. Jika hasil ini terjadi, maka akan melemahkan dollar AS.

Dampak dari kenaikan dollar adalah melemahnya ringgit. Pelemahan ringgit menjadikan harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah bagi pembeli luar negeri sehingga permintaannya meningkat. Nilai tukar USD_MYR menguat 0,19% pada posisi 4,2218.

Bagaimana menurut pendapat anda tentang Harga Sawit Hari Ini Naik Tipis ?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »